Kamis, 18-07-2024
  • Informasi PPDB : Ibu Susiyati - 081252705954 / Ibu Juwita K. - 085647222686

KOLABORASI MITRA KERJA INSTITUT ISLAM MAMBA’UL ‘ULUM (IIM) SURAKARTA DAN MTs AL ISLAM JAMSAREN SURAKARTA MELALUI KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PRODI PAI TAHUN AKADEMIK 2022/2023

Diterbitkan : - Kategori : Blog

Oleh : Muh Iskandar, M.Pd. Gr

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah materi wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa semester 6 pada Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). PPL menjadi syarat kelulusan materi pengajuan skripsi pada semester selanjutnya. Berkaitan dengan hal tersebut, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta Tahun Akademik 2022/2023 tengah melaksanakan Agenda Kegiatan PPL bagi para mahasiswanya. Yang dilaksanankan mulai tanggal 1 Agustus s/d tanggal 2 September 2023. Bertempat di madrasah tercinta kita yaitu MTs Al Islam Jamsaren Surakarta.

Pelaksanaan PPL tahun ini untuk kedua kalinya Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta menggandeng MTs Al Islam Jamsaren Surakarta sebagai mitra kerja (Partner). Hal ini sudah dituangkan dalam naskah kesepakatan bersama (MoU) antara Dekan Fakultas Tarbiyah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta Ibu Dra. Hj. Nur Hidayah, MSI dengan Kepala MTs Al Islam Jamsaren Surakarta Bapak Faizul Kirom, S.E. Dengan ruang lingkup kerja sama antara lain bidang pedidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, dan dukungan kelembagaan dalam peningkatan akreditasi. Serta memuat maksud dan tujuan untuk meningkatkan dan memupuk hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak dalam melaksanakan kegiatan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat serta aspek lainnya dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Pergurauan Tinggi.

Kesepakatan bersama ini telah ditandatangani bersama oleh kedua belah pihak pada pelaksanaan PPL periode pertama tahun ajaran 2021/2022 dan MoU ini berlaku untuk jangka waktu selama 4 tahun terhitung sejak tanggal 28 Juli 2022 sampai dengan tanggal 28 Juli 2026 serta dapat diperpanjang, diubah, atau diakhiri, berdasarkan persetujuan para pihak.

Bentuk komitmen bersama ini dibuktikan dengan terselenggarannya kegiatan PPL mahasiswa untuk yang kedua kalinya di MTs Al Islam Jamsaren Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 dengan sejumlah 12 mahasiswa dan 5 mahasiswi dengan jumlah total 17 mahasiswa. Dengan didampingi DPL dari Institusi  Yayasan Perguruan Tinggi yaitu Ibu Rara Intan Mutiara, Fajrin, S.Pd. I. M.Pd. beserta 2 Guru Pamong dari Institusi MTs Al Islam Jamsaren Surakarta Bapak Muh Iskandar, M.Pd. Gr. Beserta Ibu Siti Muslimah S.Ag. M.Pd. Gr.

Rangkaian kegiatan PPL mahasiswa IIM Surakarta tahun ini dimulai dengan agenda pembekalan mahasiswa PPL yang telah dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 22 Juli 2023 bertempat di Aula Lantai 3 Kampus Pusat IIM Surakarta dengan tema materi Penyamaan Persepsi Guru Pamong PPL Fakultas Tarbiyah. Agenda ini selain mahasiswa juga melibatkan pihak akademisi, Guru Pamong, dan narasumber ahli. Hal ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terkait Strategi Pembelajaran yang kreatif dan Inovatif dalam menyongsong penerapan Kurikulum Merdeka, Pengantar dan Mekanisme Penyelenggaraan PPL, dan Penyerahan dan Penandatanganan MoU.

Agenda serah terima Mahasiswa PPL dilaksanakan pada hari Senin tanggal 31 Juli 2023 yang bertempat di Lt. 2 Ruang CBT MTs Al Islam Jamsaren Surakarta dengan dihadiri oleh para mahasiswa, Dosen (DPL), Kepala Sekolah MTs Al Islam Jamsaren Surakarta beserta Waka Kurikulum dan Guru Pamong.

Sesuai arahan Bapak Faizul Kirom, S.E. selaku Kepala Madrasah, dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada para mahasiswa PPL bahwa dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan khususnya pengajaran dan pendidikan diharapkan para mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu pengetahuan dan berbagi teori yang sudah diperoleh di bangku akademik ke dalam dunia pendidikan secara nyata di lapangan.

Bapak Kepala madrasah menekankan betapa pentingnya pengalaman di dunia kerja khususnya dalam dunia pendidikan. Dan ini kesempatan yang baik bagi para mahasiswa selain ini sebagai program wajib untuk menyelesaikan program studi, sekaligus para mahasiswa memiliki kesempatan untuk menimba pengalaman bidang pendidikan dan pengajaran dengan basis penguasaan kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogis, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Individu. Dengan pola membangun keselarasan visi-misi dan etos kerja di Institusi MTs Al Islam Jamsaren Surakarta yang dalam sejarahnya dalam kurun waktu mulai berdiri sejak tahun 2010 sampai sekarang telah mampu merubah paradigma masyarakat dan lingkungan sekitar madrasah yang notabene dulunya adalah terkesan pinggiran, namun pada kenyataan sekarang MTs Al Islam Jamsaren Surakarta telah mampu membentuk para siswanya menjadi generasi yang unggul dalam akhlak dan terampil dalam entrepreneurship. Sehingga mampu memberikan spirit terhadap masyarakat sekitarnya kearah perubahan yang lebih baik.

Secara teknis, pelaksanaan PPL dijelaskan secara detail oleh Ibu Juwita Karunia, S.Pd. Gr selaku Waka Kurikulum MTs Al Islam Jamsaren Surakarta sekaligus pembagian kelompok kerja sesuai Guru pamong masing-masing. Bersama Guru Pamong para mahasiswa diarahkan untuk membuat schedule kegiatan mulai jadwal observasi, jadwal praktik mengajar, jadwal ujian praktik mengajar, jadwal pembuatan laporan kegiatan, penyelarasan dengan agenda Madrasah, evaluasi kegiatan dan kegiatan tambahan lainnya.

Ada yang beda dalam pelaksanaan PPL di MTs ini, yaitu selain melaksanakan praktik mengajar di kelas, para mahasiswa juga diarahkan untuk aktif terlibat dalam  berbagai kegiatan di madrasah diantaranya, penjadwalan piket harian bersama dengan guru piket, membantu kegiatan mentoring baca tulis Al Qur’an, Jadwal Kegiatan Khatib Jum’at,  Kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, berbagai kegiatan Upacara Bendera dan kegiatan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk menambah pengalaman dan wawasan dalam kompetensi sosial dan keorganisasian.

Di sisi lain ada yang menarik perhatian adalah pada kegiatan PPL kali ini antara Dosen pembimbing, Guru Pamong, dan para mahasiswa juga melaksanakan kegiatan luaran (penelitian) berkaitan dengan berbagai persoalan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar yaitu dikhususkan kajian dan penelitian mengenai Media dan Metode Pembelajaran.

Semoga kegiatan PPL ini memberikan dampak positif terhadap kedua institusi yaitu Institut Islam Mamba’ul Ulum (IIM) Surakarta dan MTs Al Islam Jamsaren Surakarta yaitu kemajuan dan perubahan kearah yang lebih baik.

                                                                                             Surakarta , 14 Agustus 2023

3 Komentar

Rara Intan M.F.
Senin, 14 Agu 2023

Sekolah yang bersih dan rapi… ☺️ Lingkungan yang asri meski berada di tengah-tengah pemukiman yang padat penduduknya…
Guru-guru yang ramah, murid-murid yang juga sopan… Semoga lulusan Mts Al Islam Jamsaren Surakarta menjadi generasi penerus bangsa yang bertaqwa mampu membawa perubahan yang lebih baik di tengah gempuran kemajuan teknologi digital. Aamiin🙏🏻🙏🏻

Balas
    Selasa, 15 Agu 2023

    Aamiin,
    Terimakasih Kak!

    Balas
    Muh Iskandar
    Selasa, 15 Agu 2023

    Aamiin
    Terima kasih atas support positifnya

    Balas

Beri Komentar

Balasan