Kamis, 18-07-2024
  • Informasi PPDB : Ibu Susiyati - 081252705954 / Ibu Juwita K. - 085647222686

Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti Melalui Pelaksanaan Kemah Adat MTs SA Al Islam Jamsaren Surakarta

Diterbitkan : - Kategori : Blog

Oleh: Ayu Rafika

Pendidikan karakter dan budi pekerti luhur dapat diajarkan melalui berbagai alternatif, salah satunya dengan kegiatan berkemah. Di usia remaja, kemampuan putra-putri tumbuh dan berkembang sesuai dengan pelajaran apa yang mereka peroleh. Menariknya, belajar tidak melulu harus ditempuh melalui bangku sekolah dan sebatas pemahaman materi saja. Namun, belajar dapat dilakukan di alam terbuka dengan penerapan prinsip-prinsip pendidikan karakter serta pendalaman materi. Demi mempersiapkan generasi madani, cerdas, dan unggul, MTs SA Al-Islam Jamsaren Surakarta menggelar Kemah Adat ke-3 bertempat di Bumi Perkemahan Al Amin, Dukuh Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar pada hari Sabtu – Ahad, 16 – 17 September 2023. Berbagai macam kegiatan diikuti secara khidmat dan penuh semangat. Dengan mengelompokkan 187 peserta didik ke dalam 14 regu satuan terpisah, hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan nilai-nilai kebersamaan dan kekompakan kepada peserta didik.

Hari pertama perkemahan dimulai dengan pemaparan materi seputar peraturan berlalu lintas yang disampaikan langsung oleh pemateri dari Polsek Ngargoyoso. Tidak hanya itu, peserta kemah menghabiskan waktu sore untuk dinamika kelompok, tarik tambang, dan hasta karya melukis pot hias. Tak lengkap rasanya jika berkemah tanpa sentuhan hangatnya api unggun. Maka dari itu, MTs Al Islam Jamsaren melaksanakan prosesi upacara api unggun yang dilanjutkan dengan tampilan pentas seni dari tiap-tiap kelas. Sehingga malam pertama dalam Kemah Adat ke-3 ditutup dengan kemeriahan drama komedi, drama kepahlawanan, gerak dan lagu, musikalisasi puisi, paduan suara, dan drama musikal.

Pada hari kedua, peserta didik melakukan penjelajahan di sepanjang jalur Telaga Madirda. Penjelajahan terbagi menjadi 5 pos; pos pemberangkatan, pos sandi morse, pos pioneering, pos kim pendengaran, dan pos gim air. Seluruh peserta berhasil menyelesaikan setiap tantangan dan melakukan penugasan dengan penuh antusias. Kegiatan ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada tiap-tiap regu tergiat untuk menghargai kerja keras dan memberikan apresiasi bagi para peserta didik.

1 Komentar

Muh Iskandar
Rabu, 20 Sep 2023

MTs Al Islam Jamsaren Surakarta sekolah masa kini dan masa depan

Balas

Beri Komentar

Balasan