Kamis, 18-07-2024
  • Informasi PPDB : Ibu Susiyati - 081252705954 / Ibu Juwita K. - 085647222686

Workshop Kepenulisan Bersama Nyalanesia Dalam Rangka Peringatan Bulan Bahasa

Diterbitkan : - Kategori : Blog

Oleh Suci Nugraheni, S.Pd

“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.”

Pramoedya Ananta Toer

Sepenggal kalimat penyemangat untuk tetap menyalakan semangat untuk menulis ini sangat penuh makna.
Jika ingin nama kita dikenang selamanya, maka menulislah.
Hal ini juga menjadi salah satu impian sekolah, yaitu melihat anak didiknya sukses dalam hal apapun, salah satunya di bidang literasi.
Sebagai insan penerus masa depan bangsa, kita perlu memiliki modal pengetahuan yang luas demi terciptanya generasi emas berkarakter kuat dan cerdas. Hal itu dapat kita peroleh salah satunya dari kegiatan berliterasi. Salah satu wujud kegiatan literasi adalah menulis.

Dalam peringatan bulan bahasa, MTs SA Al Islam Jamsaren Surakarta bekerja sama dengan Nyalanesia melaksanakan kegiatan Workshop Penulisan Puisi pada Selasa, 10 Oktober 2023. Kegiatan ini ditujukan untuk anak-anak kelas VIII, sesuai dengan materi ajar yang akan didapatkan. Diawali dengan sambutan oleh Ibu Juwita selaku Waka kurikulum, kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Bapak Arifin Nurdin dari Nyalanesia. Pengertian, struktur, cara menulis puisi, hingga ajakan untuk berkarya khususnya menulis puisi disampaikan dengan sangat jelas, runtut, dan mengasyikkan oleh pembicara sehingga membuat anak-anak berantusias untuk mengikutinya. Selain itu, beberapa anak juga menunjukkan bakatnya dalam menulis maupun membaca puisi di depan peserta lain kemudian diberikan apresiasi berupa buku fiksi produksi Nyalanesia.

Workshop Penulisan Puisi merupakan momen pertama yang ada di MTs SA Al Islam Jamsaren Surakarta, selain untuk memperingati bulan bahasa diharapkan kegiatan ini mampu memicu semangat peserta didik dalam mengembangkan potensinya di bidang literasi. Tak hanya menulis dan membaca saja, peserta didik juga bisa menebarkan karya-karyanya melalui buku maupun internet yang dapat dinikmati oleh orang lain. Seperti yang dikatakan oleh Pak Nurdin, “Ketika karya kita bisa dinikmati oleh orang lain, itu adalah hal bisa membuat kita bangga dan bahagia. Apalagi bisa memberikan manfaat.”

Kegiatan workshop berlangsung selama kurang lebih 2 jam, setelah acara selesai dua peserta didik dan satu guru dimintai testimoni oleh pihak Nyalanesia. Muhammad Dzaky Nur dan Elvira Asha sebagai peserta didik memberikan pendapatnya bahwa mereka sangat senang dapat berkesempatan belajar bersama Nyalanesia. Sementara itu, Suci Nugraheni perwakilan guru dari MTs SA Al Islam Jamsaren juga merasa senang dan berharap jika tahun depan dapat berkesempatan lagi untuk belajar menulis bersama Nyalanesia.

1 Komentar

Muh Iskandar
Jumat, 13 Okt 2023

Mantab

Balas

Beri Komentar

Balasan