Selasa, 22-10-2024
  • Informasi PPDB : Ibu Susiyati - 081252705954 / Ibu Juwita K. - 085647222686

(Pentingnya Belajar Bahasa Arab) أَهَمِّيَةُ تَعَلُّمِ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ

Diterbitkan :

Tahiyyah ‘arobiyyah!!!

Bahasa Arab merupakan bahasa utama bagi umat muslim, yang mana kitab suci Al Qur’an diturunkan dalam Bahasa Arab. Bagi umat Islam, belajar Bahasa Arab menjadi hal yang penting sebagai sarana untuk memahami ajaran Agama Islam dengan baik. Selain itu, belajar Bahasa Arab juga memiliki banyak manfaat yang menjadi alasan mengapa kita harus mempelajarinya. Manfaat mempelajari Bahasa Arab antara lain: meningkatkan pemahaman terhadap agama Islam, memperkaya budaya dan literatur Arab, meningkatkan kemampuan komunikasi internasional, dan masih banyak lagi manfaat mempelajari Bahasa Arab.

Bagi pemula, jangan takut dan khawatir. Ada beberapa langkah sederhana untuk belajar Bahasa Arab, diantaranya mempelajari huruf arab, belajar dan perbanyak kosakata dasar, memahami tata bahasa (nahwu) dasar, praktik mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis, bergabung dengan kelas atau komunitas belajar, dan yang paling utama rajin membaca Al Qur’an.

Semakin berkembangnya teknologi pada zaman sekarang, tidak ada alasan lagi bagi seseorang untuk tidak belajar. Belajar bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan media canggih seperti smartphone, laptop, internet, dsb.

Bahasa Arab memiliki keistimewaan yang banyak, diantaranya:

  1. اللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةُ هِيَ لُغَةُ الْقُرْآنِ وَ الْحَدِيْثِ

Bahasa Arab merupakan bahasa Al Qur’an sebagaimana dijelaskan dalam Al Qu’an surah Yusuf ayat 2 yang artinya “sesungguhnya Kami telah menurunkannya berupa Al Qur’an dengan Bahasa Arab supaya kamu memahaminya.”

2. اللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةُ هِيَ لُغَةُ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّ الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Bahasa Arab adalah bahasa Nabi Muhammad saw. sebagaimana firman Allah swt. dalam Al Qur’an surah Maryam ayat 97 yang artinya “maka sesungguhnya Kami telah memudahkannya dengan bahasamu (Muhammad)

3. اللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةُ هِيَ لُغَةُ العَالَمِيَّةُ

Bahasa Arab merupakan bahasa Internasional dan pernah menjadi bahasa Internasional nomor satu di dunia yaitu pada kejayaan Islam diabad 6-7 masehi tepatnya pada masa pemerintahan daulah Abbasiyah.

1 Komentar

Juwita Karunia
Kamis, 29 Agu 2024

Nice artikel, wajib di baca

Balas

Beri Komentar

Balasan

Penulis : Tsania Nurul Fathimah

Tulisan Lainnya

Oleh : mts.jamsaren

PUASA PERTAMA FAHIMA

Oleh : Muh Iskandar

MEMBANGUN PERSEPSI

Oleh : mts.jamsaren

Satu Mushaf Impianku